Sabtu, 23 September 2017

Spaghetti Ayam Kecap Manis

Bismillah,

Pengen bikin mie ayam sendiri. Kendalanya, sulit nemu mie basah. Beli sembarang tempat, takut mengandung formalin. Mau giling mie sendiri? Ribeeeet... Solusinya pakai alternatif mie jenis lain saja. Mie kering jenis pipih bisa dicoba. Contoh merk, Mie Burung Dara, Mie Yi Jian, dan banyak merk bisa kita temukan di minimarket atau pun supermarket.

Sebulan yang lalu, saya coba eksperimen bikin mie ayam pakai pasta spaghetti (dengan berat hati namanya berubah ya, bukan mie ayam lagi hihi). Hasilnya, agak ganjil dirasa sih haha. Mungkin karena terbiasa mengonsumsi mie ayam dengan ukuran lebih tipis. Tapi nggak papa, namanya juga mencoba.

Untuk kaldu, idealnya pakai kaldu ayam kampung. Biar gurih. Hanya untuk alasan kepraktisan, saya pakai kaldu dari fillet dada ayam negeri. Cara ini juga bisa mempercepat proses masak dan ujung-ujungnya ngirit gas 😇. Pertama, rebus fillet dada ayam utuh hingga empuk. Ambil filletnya, potong-potong, gunakan untuk topping. Air bekas rebusan ditambah garam plus merica, jadilah kaldu. Kaldu yang saya buat ini tergolong terlalu sederhana, hihi. Mungkin diantara teman-teman semua ada yang menambahkan bumbu-bumbu lain biar rasa lebih maknyus. Bisa sharing disini, ya.


Spaghetti Ayam Kecap Manis
Porsi : 4 - 5 porsi

Bahan :
Fillet dada ayam 200 g
Bawang bombay 1 butir sedang (potong kotak-kotak kecil)
Bawang putih 4 siung (geprek halus)
Kecap manis 3 sdm penuh
Kecap asin 1 sdm
Minyak wijen 1 sdt
Saus tiram 1/2 sdm
Jahe 3 cm (geprek)
Merica 1/2 sdt
Garam 1/2 sdt
Gula pasir 1/2 sdt
Air secukupnya

Kaldu :
Air 500 ml
Garam sesuai selera
Merica sesuai selera

Spaghetti :
Spaghetti kering 200 g
Garam 2 sdt

Cara Membuat :
1. Spaghetti : Masukkan spaghetti kering dalam air mendidih yang telah digarami. Masak dengan api sedang hingga matang empuk (sesekali diaduk supaya tidak menempel di permukaan bawah panci). Angkat lalu sisihkan.
2. Kaldu ayam : Rebus ayam dengan air sampai daging empuk dan air berkurang kira-kira 400 ml. Angkat fillet dada ayam utuh yang telah empuk, potong kotak-kotak kecil, sisihkan untuk topping. Bumbui sisa kaldu dengan garam dan merica, panaskan sebentar dengan api kecil, sisihkan.
2. Topping Ayam Manis : Tumis bawang putih, jahe, dan bawang bombay sampai harum, layu, tidak langu. Masukkan potongan fillet dada ayam, air, kecap manis, kecap asin, saus tiram, garam, gula pasir, dan merica. Masak dengan api kecil sampai kental dan bumbu meresap. Terakhir cek rasa (kurang asin, manis, dll) lalu tambahkan minyak wijen. Tumis sebentar. Angkat.
3. Tata spaghetti didalam mangkuk, tuang topping ayam manis diatasnya. Sajikan hangat-hangat bersama kaldu dan sambal botolan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat 😊✌

1 komentar:

  1. terimakasih telah berbagi resep kreatif spaghetti ayam kecap manis, cukup menarik dan bermanfaat...
    Aplikasi Kasir Restoran Gratis

    BalasHapus

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...