Jumat, 15 September 2017

Syomai Ayam

Bismillah,

Beberapa kali mencicipi syomai yang ada di acara keluarga seperti pengajian dan kondangan. Kok bisa ya teksturnya agak-agak berair dan berserat. Biasanya bikin syomai hasilnya seperti bakso, kenyal kurang bertekstur, halus, kenyal tok pas digigit. Usut punya usut, setelah browsing sana sini, ternyata dalam membuat syomai mensyaratkan penambahan bengkoang parut (yang sudah diperas). Selain itu beberapa bagian daging ikan/ayam/udang juga tidak dihaluskan dengan food processor. Hasilnya lumayan mendekati rasa syomai di pengajian, digigit nggak terlalu halus, agak berserat. Pas itu kita nggak menghaluskan semua dagingnya karena malas repot hihi, tapi jadinya malah kasar syomainya. Sebaiknya separuh bagian daging tetap dihaluskan supaya tambah enak. 

Oiya, biar gurih bisa ditambah bubuk Mono Sodium Glutamat ya (sebangsa Sasa, Miwon, dsb). Pilih daging ikan maupun ayam giling yang berkualitas baik 😊


Resep Syomai Ayam

Untuk 40 porsi

Bahan :
Daging ayam giling 750 g (bisa 1/2 sampai 3/4 bagiannya digiling halus dengan food processor)
Daging ikan giling 250 g
Tepung sagu 550 g
Telur 2 butir
Bawang bombay 100 g (iris halus)
Daun bawang 2 batang (iris halus)
Bengkoang 250 g (parut halus, lalu peras untuk menghilangkan cairannya)
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Mono Sodium Glutamat 1 sdt
Minyak wijen 2 sdm
Minyak sayur 2 sdm
Wortel 1 buah (parut, sisihkan untuk taburan)

Bahan Saus Kacang :
Kacang tanah giling 225 g
Air 600 ml (bisa ditambah sesuai kekentalan saus yang disukai)
Bawang putih 4 siung
Cabe merah keriting 3 buah (bila suka pedas, cabai bisa ditambah)
Garam secukupnya
Gula merah secukupnya
Gula pasir secukupnya

Cara Membuat :
1. Syomai : Campur daging ayam, daging ikan, bawang bombay, parutan bengkoang, daun bawang, telur. Aduk rata dengan tangan. Masukkan tepung sagu secara bertahap sambil diaduk. Tambahkan garam, gula pasir, MSG. Cek rasa. Terakhir tambahkan minyak sayur dan minyak wijen. Aduk rata.
2. Siapkan cetakan mangkuk kecil tahan panas. Olesi minyak. Lapisi dengan kulit pangsit. Masukkan adonan syomai dengan sendok kecil. Taburi wortel parut diatasnya.
3. Panaskan dandang kukusan dengan api sedang. Kukus syomai selama 40 menit atau sampai matang.
4. Saus kacang : Tumis bawang putih dan cabai merah sampai layu dan sedikit cokelat (jangan sampai gosong). Haluskan keduanya bersama kacang tanah giling dan air. Masak diatas panci dengan api kecil. Sesekali diaduk-aduk biar nggak gosong bawahnya. Tambahkan gula jawa, garam, gula pasir. Cek rasa. Masak hingga saus  berubah warna lebih tua, sedikit kental (jangan terlalu kental), dan meletup-letup.
5. Sajikan syomai bersama saus kacang, sambal, timun, potongan kol, dan kentang kukus.


Semoga bermanfaat 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...