Kamis, 21 September 2017

Puding Roti Pisang

Bismillah,

Seorang ibu jualan es pisang ijo di daerah Kukusan, Depok. Beliau hanya jualan camilan khas Makassar itu tok, disamping Cotto. Tapi kalo bulan Ramadhan, camilannya lebih variatif. Salah satu favorit saya adalah Barongko. Pisang raja dilumatkan bersama santan, gula pasir, dan roti tawar. Adonan tersebut lalu dibungkus daun pisang trus dikukus hingga matang. Duh, jangan ditanya rasanya enak banget! Lembut, manis, gurih, dan wangi pisang.

Rencananya saya pingiiin buat Barongko. Tapi berhubung tengah jalan : tak punya daun pisang, malas cari daun pisang, dan sulit membungkus pakai daun pisang, akhirnya rencana sedikit melenceng. Saya pun membuat adonan yang mirip Barongko tapi dicetak di mangkuk aluminium foil lalu dipanggang. Bukan dikukus. Jadilah semacam Puding Roti Pisang hehe.

Sedikit gambaran, puding satu ini enak menurut saya Alhamdulillah. Bikinnya juga gampaaang, tinggal campur-aduk pake sendok. Pakai sendok makan sehari-hari aja pun bisa haha. Saya nggak begitu doyan yang namanya puding roti. Tapi kalo ditambah pisang raja gini malah sebaliknya. Rasa pudingnya dominan manis, lembut (kalau dikukus lebih lembyuuut). Bila ditaburi chocochips tambah enak lagi. Apalagi pas dikonsumsi kala hangat. Ada sensasi cokelat lumer disela-sela gigitan. Jika nggak suka chocochips, buat kamu yang sensitif dengan rasa manis, tak masalah bila disubstitusi topping keju cheddar parut. Sedikit tips umum, gunakan pisang raja yang sudah matang lunak. Soalnya ngaruh ke tekstur, rasa, dan aroma si puding. Untuk takaran gula pasir, bisa menyesuaikan dengan tingkat kematangan dan kemanisan pisang. Ukuran nggak pasti yaaa, bisa lebih atau kurang, terserah selera. Kebetulan pisang raja yang dipakai disini maniiis banget, jadi butuh gula pasirnya dikit aja, 25 g.


Puding Roti Pisang
Porsi : 9 mangkuk aluminium 5x5 cm

Bahan :
Pisang raja matang 4 sisir (haluskan dengan garpu)
Santan instant 65 ml
Air 200 ml
Telur 2 butir
Gula pasir 25 g
Garam 1/4 sdt
Vanilla bubuk 1/2 sdt
Roti tawar tanpa kulit 2 lembar

Cara Membuat :
1. Kocok lepas telur, masukkan pisang raja lumat, garam, gula pasir, vanilla bubuk, lalu campuran air dan santan. Aduk sampai rata. Masukkan potongan roti tawar, aduk, diamkan 30 - 35 menit.
2. Tuang adonan puding roti kedalam mangkuk aluminium ukuran 5x5 cm sampai agak penuh. Panggang di oven panas suhu 175 derajat Celcius. Keluarkan puding roti, taburi chocochips, panggang kembali hingga matang.
3. Sajikan hangat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat 😊✌

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...