Jumat, 15 September 2017

Cake Tape Keju

Bismillah,
Sebenarnya ini uji coba cake tape jaman bulan puasa dulu. Lagi rajin mindahin resep ke Rumah Gula-Gula 😁. Biar kalo mo cari resepnya nggak bingung-bingung. Ceritanya, bude saya ngirimin telur cukup banyak dan masih segar. Langsung kepikiran plus semangat deh bikin cake hihi. Ada tape singkong yang urung jadian dengan es campur buat ta'jil. Daripada lama-lama busuk, akhirnya dimanfaatkan. Cake satu ini bukan jenis yang lembut dan ringan. Tapi cenderung lembut-lembut padat mengenyangkan. Manisnya pas. Buat kalian yang hobi dengan cita rasa tape, moga-moga cocok-lah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat teman-teman 😊 

Resep Cake Tape Keju
Bahan-Bahan :
Telur ukuran besar 5 butir
Gula pasir halus 180 g
Tape singkong matang 375 g
Tepung terigu 180 g
Mentega salted 60 g
Margarin 100 g
Vanilla pasta 1 sdt
Baking powder 1 sdt
Cake emulsifier 1 sdt
Keju cheddar parut 85 g
Cara Membuat :
  1. Lumatkan tape singkong, pisahkan dari serat kasarnya. Campur dengan margarin dan mentega. Aduk hingga halus. Sisihkan.
  2. Campur tepung terigu dan baking powder, aduk rata. Sisihkan.
  3. Kocok gula pasir halus, cake emulsifier, telur dengan kecepatan tinggi hinggga kental berjejak stabil, mengembang, dan putih kekuning-kuningan pucat. Turunkan kecepatan hingga yang terendah, masukkan pasta vanilla, kocok sebentar selama beberapa detik.
  4. Masukkan 6 sdm hasil kocokan no. 3 ke adonan tape no. 1. Kocok dengan kecepatan terendah.
  5. Masukkan campuran tepung dan sisa hasil kocokan telur secara bertahap dan berselang-seling ke adonan no.4. Aduk balik hingga rata.
  6. Tuang adonan kedalam loyang tulban diameter 22 cm (yang telah diolesi margarin). Taburi dengan keju parut.
  7. Panggang didalam oven suhu 175 C selama 35 menit lalu turunkan suhu menjadi 160 C untuk 25 menit berikutnya atau sampai permukaan kuning kecokelatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...