Jumat, 22 Mei 2015

Sambal Goreng Cirebon

Betapa bahagianya mengetahui kalau di pasar dekat rumah ternyata ada tukang daging yang mau membantu memotong daging kecil-kecil, sesuai permintaan kami. Tak hanya itu. Ada juga yang dengan senang hati mengiris-iris bawang merah maupun putih hingga memeraskan santan. Pasalnya kami dimintai tolong Tante membuatkan sambal goreng khas Cirebon untuk sebuah acara pengajian. Tentunya tanpa bantuan pedagang-pedagang pasar kreatif nan inovatif diatas, kami sudah pasti keteteran.


Ciri khas sambal goreng Cirebon ada di potongan kotak dagingnya dan terutama irisan cabe merah besar. Cobaan besar di bagian ngiris cabe merah. Mama saya lumayan perfeksionis untuk urusan ketebalan si cabe. Beliau pinginnya tipiiiiis tipiiisss banget biar cantik. Sebelumnya pake acara ngilangin biji cabe dulu. Beuuhh...Alhamdulillah teriris juga 1 kg cabe dalam waktu 3 jam (ketahuan enggak jago) dengan hasil jari-jari pedas dan mati rasa. Alhamdulillah baru terasa puasnya melihat irisan cabe tipis ini menghiasi si sambal goreng dan memperkaya aromanya. 

Aturan yang Mama peroleh dari salah seorang saudara kami (yang dulu terkenal enak sambal goreng Cirebon-nya) adalah menumis irisan cabe tersendiri. Baru kemudian dimasukkan kedalam tumisan daging berbumbu dan bersantan di saat-saat terakhir. 

Alih-alih dihaluskan, bawang hanya diiris tipis-tipis. Pilih daging sapi  bagian paha seperti daging untuk rendang. Supaya tidak lekas ancur pas dimasak lama. Kami suka sambal goreng dengan cita rasa gurih, pedas, dan ada sedikit sensasi manis gula jawa.



Resep berikut untuk 75 porsi (untuk ukuran pelengkap nasi kotakan). Bumbu-bumbu bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera kita. Ukuran cabe dibawah sebenarnya kurang pedas, disesuaikan dengan kekuatan lambung kami. Jika mau lebih hot, bisa ditambah sekitar 100 g lagi. 

Oiya, sambal goreng Cirebon ini layak pula dipamerkan kepada tamu saat lebaran mendatang. Mendamping ketupat and friends. Kalau terbiasa dengan sambal goreng ati khas Jawa Tengah, coba ganti yang ini ^^ Insyaa Allah enak. Daging bisa dicampur dengan potongan hati ayam juga, lho.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ^^

Resep Sambal Goreng Cirebon
Hasil : 75 porsi

Bahan-Bahan :
Daging sapi  5 kg
Bawang merah 175 g
Bawang putih 100 g
Cabe merah giling 250 g
Cabe merah besar 1 kg (iris tipis)
Santan kental dari 2 butir kelapa
Gula merah 3 blok atau sesuai selera
Lengkuas 1 buah (geprek)
Daun salam 4 lembar
Garam sesuai selera

Cara Membuat :
1. Tumis irisan cabe merah hingga layu dan harum. Sisihkan.
2. Tumis bawang putih hingga sedikit layu tapi belum kecokelatan.
3. Masukkan irisan bawang merah. Tumis bersama hingga harum, layu, dan sedikiiit kecokelatan.
4. Masukkan cabe merah giling. Tumis hingga harum.
5. Masukkan potongan daging sapi. Tumis hingga berubah warna. Masukkan santan dan sedikit air. Setelah beberapa saat masukkan salam, lengkuas, gula merah, dan garam secukupnya. Masak dengan api kecil.
6. Setelah daging empuk, bumbu meresap, berminyak dan cairan sambal berkurang, masukkan irisan cabe merah besar. Aduk-aduk dan masak hingga matang. Jangan lupa diicip-icip kurang-kurang apa rasanya.
7. Sajikan dengan nasi hangat


Salam pedes, josss!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...