Rabu, 20 Mei 2015

Brownies Kukus Ny. Liem

Hari gini baru nyoba bikin brownies kukus (brokus)?

Biarin ah, namanya juga masih pemula ^^. Dulu sempat berjualan brokus dan lumayan mendatangkan sedikit recehan di celengan ayam saya. Resepnya dari teman Mama, kurang lebih sama dengan punyanya Ny. Liem berikut Tapi waktu itu hanya 1 layer. Di kesempatan siang berawan ini, ingin belajar yang 2 layer. Dan ternyata itulah yang menyebabkan sepotong brokus terasa tidak membosankan. Diantara tekstur spongy nan lembut terselip sesuatu yang lebih chocolatey ditengahnya. Enak! Aslinya di resep Ny. Liem, lapisan cokelat ditengahnya itu tercipta dengan menambahkan susu kental manis di adonan II. Tapi dasar nenek-nenek, saya kelupaan dan malah menambahkannya di seluruh adonan. Sebagai gantinya saya beri chocolate chips dan Alhamdulillah masih terbentuk juga lapisannya.

Berdasarkan kekeliruan yang saya alami selama ber-brokus ria, ada mutiara berharga, diantaranya ...

1. Bagian pencampuran Bahan C (DCC dan minyak sayur) dengan adonan. 
Kalau adonan agak tinggi, sebaiknya gunakan spatula yang tinggi pula gagangnya. Alasannya biar tangan tidak belepotan dan bagian bawah terjangkau. Kedua bahan ini agak ribet mencampurnya (atau sayanya aja ya yang agak-agak kurang hehe). Jangan sampai enggak tercampur rata. Bisa juga menggunakan cara pancingan. Maksudnya mencampurkan beberapa adanan ke Bahan C lalu memasukkannya lagi ke adonan semula lalu diaduk. Belum pernah di coba sih hehe, tapi pernah nonton atau baca di suatu media.

2. Bagian pengukusan
Sebenarnya kali ini tidak telaten di pengukusan. Disambi-sambi nyuci baskom (alesyan...) kurang dilihat besar kecil apinya. Tapi dampaknya si brokus bolong-bolong seperti rembulan. Diduga kuat karena api yang terlalu besar atau penambahan baking powder melebihi takaran -_- Ngukus bagian bawahnya pun kelamaan 10 menit jadinya agak basah. Jangan sampai pula ada setetes air yang menetes di brokus. Bisa-bisa bolong dalem seperti yang saya alami di satu pojok (foto disembunyikan). Hal sepele lainnya, sebelum dikukus, ratakan adonan dengan sendok makan dan ketok-ketok bersama loyangnya ^^



Berikut resep yang saya contek dari blognya Bu Tati Widharti ^^. Buatnya hanya 1/2 resep jadinya 1 loyang 20x20x4 cm dan 2 cup sedang aluminium foil. Tapi kayaknya bisa cuma sisa 1 cup doang biar brokusnya lebih tinggian. Lebih cantik melihatnya.

Resep Brownies Kukus (Ny. Liem)
Hasil : 1 loyang (20 x 20 x 4 cm)

Bahan A
Telur ayam 6 butir
Gula pasir 225 g
Vanilla 1/2 sdt
Garam 1/2 sdt
Emulsifier 1 sdt

Bahan B
Tepung terigu 125 g
Cokelat bubuk 50 g
Baking powder 1/2 sdt

Bahan C
Minyak goreng 175 g
Dark Cooking Chocolate 100 g

Bahan D
Susu kental manis 75 ml


Cara Membuat

1. Ayak Bahan B. Aduk rata. Sisihkan.
2. Lelehkan DCC. Campur dengan minyak. Sisihkan.
3. Kocok Bahan A sampai putih, pucat, kental, mengembang.
4. Masukkan Bahan B sedikit demi sedikit. Kocok dengan mixer kecepatan paling rendah atau aduk dengan spatula.
5. Masukkan Bahan C, aduk dengan spatula.
6. Tuang adonan I ke loyang yang sudah diolesi margarin/minyak. Sisakan 100 g. Kukus adonan di loyang dengan api sedang selama 5 menit.
7. Campur sisa adonan 100 g dengan Bahan D. Aduk rata (adonan II).
8. Tuang adonan II di atas adonan I. Bila suka lebih nyokelat, bisa ditambah meises/chocolate chips sebelum dituang adonannya.
9. Kukus adonan I dan II selama 30 menit 25-30 menit dengan api sedang hingga matang.

Hasilnya? Enak! Beda dengan brownies panggang yang lebih padat, brokus lembut dan kempus-kempus. Mirip sama sponge cake cokelat. Rasa manisnya pas. Jadi ingin belajar lagiii. Pilih cokelat berkualitas baik biar harumnya makin membius. Ternyata  brokus juga cucok dimasukin cup-cup


Salam Brownies!

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...