Senin, 11 Mei 2015

Lemper

Kecuali di bagian pembungkusan, membuat lemper tak serumit yang dibayangkan. Ada 4 tahap utama, (1) Penyiapan bahan isian (2) Penyiapan adonan ketan (3) Pembungkusan (4) Pengukusan. Membuat bahan isian dan adonan ketan bisa dilakukan sehari sebelumnya. Simpan bahan isian di refrigerator, ketan cukup di suhu ruang. Asal lempernya besok segera dikukus, biar awet. Mau lebih kilat lagi, gunakan isian semacam abon. Bisa abon ayam, sapi, bahkan ikan. Rasanya suka-suka, manis boleh, pedas hayoook. 

Seperti sudah saya keluhkan, tahap pembungkusan paling enggak asyik. Jujur saja, kemarin saya hanya menonton Mama membungkus lemper-lemper satu per satu. Beliau memang sudah malang melintang di bidang ini. Waktu itu, jumlah daun pisang hanya sedikit, nyaris kurang. Kalau nekat turun tangan, dipastikan akan buanyaaaak daun pisang robek disebabkan ketidaklihaian saya, hihi. 

Sedikit yang saya pelajari dari Mama, pilihlah daun pisang yang bagus. Baik dari penampilan (tidak jelek-jelek amat) dan tidak mudah robek. Yang terakhir agak sulit karena kemarin ada beberapa yang robek. Ada saran budhe dulu, sebaiknya daun pisang "dilemaskan" satu per satu di atas api kompor. Sebentar saja jangan sampai gosong. Repot memang, tapi sepadan.

Sebelum dibungkus, sebaiknya ketan diisi dulu. Dikepal-kepal hingga berbentuk bulat lonjong. Lakukan sampai titik ketan penghabisan. Baru setelah itu, dibungkus pake daun pisang dengan bentuk konvensional, lonjong memanjang. Kalau hati kita lagi sabar atau buat jualan, bentuk kecil-kecil biar cantik. Tapi ukuran besar juga tak masalah, toh rasanya masih kayak lemper hehe ^_^



Pilihlah beras ketan yang pulen. Jenisnya saya kurang paham, coba tanya juragan beras di pasar masing-masing yak. Kemarin kami salah memilih jadinya pas mateng dan mau dikepal-kepal agak mawur. Jeleknya pas dah mateng kepisah-pisah gitu berasa makan nasi deh.

Jumlah santan yang ditambahkan untuk meng-aroni ketan itu hanya perkiraan, tergantung jenis beras ketannya. Jadi sambil dicampur ke ketan, diaduk-aduk, dilihat penampilannya. Cukup basahkah? Cukup lengketkah? Jangan kurang karena bisa-bisa kurang gurih dan lembab. Jangan pula kelebihan sehingga ketannya sangat lembek serta sulit dikepal. 


Isian lemper kali ini tumis ayam suwir. Bumbunya kayak ayam opor, hanya ini dimasak sampai kering. Kalau suka isian lembab bisa ditambahkan kemiri atau santan sesuai selera. Masukkan bumbu dapur seperti daun salam, daun jeruk, jahe dan sereh geprek pas ayam sudah hampir berkurang airnya. Artinya jangan terlalu lama ikut dipanaskan supaya harumnya lebih menggugah perut. 


Berikut resep coba-coba saya dan Mama. Kalau kurang maknyusss saya minta maaf yaaa, siap menerima masukan dan kritik pembaca ^_^

Resep Lemper Ayam
Hasil : 27 pcs (besar) dan 6 pcs (kecil)

Bahan Adonan Ketan 
Beras ketan 1100 g (harus direndam dulu semalaman)
Santan kental 175 ml (tergantung jenis beras ketannya, ya)

Bahan Isian 
Dada ayam (besar) 2 potong
* Sebelumnya ayam direbus utuh lalu disuwir-suwir
Bawang putih 5 siung
Bawang merah 10 butir
Kemiri 2 butir (bisa ditambahkan sampai 4 butir)
*Ketiga bahan diatas dihaluskan
Serai 1 batang (digeprek)
Jahe 2,5 cm
Daun salam 1 lembar
Daun jeruk 2 lembar
Ketumbar bubuk 1 sdt muncung
Lada bubuk 1 sdt muncung
Garam 1 sdt (atau sesuai selera)
Gula jawa 1 (blok kecil)
Santan kental 65 ml (bisa ditambahkan sampai 100 ml)

Cara Membuat :
Bahan Adonan Ketan :
1. Kukus beras ketan sekitar 25 menit atau sampai matang
2. Campur dengan santan kental secara perlahan sambil diaduk. Kukus kembali 30 menit atau sampai matang. Jangan terlalu kering atau terlalu lembek.
3. Sisihkan adonan ketan

Bahan Isian :
1. Tumis bawang merah, bawang putih, dan kemiri yang telah dihaluskan. Tumis sampai matang dan harum.
2. Masukkan ayam suwir berikut kaldunya. Masak hingga empuk dan air berkurang.
3. Ketika air sudah mulai berkurang (tapi jangan sampai kering), masukkan semua bumbu-bumbu. Aduk-aduk dengan api kecil. Masak hingga tumisan "mengering".
4. Sisihkan bahan isian.

Penyelesaian :
1. Ambil 1-11/2 sdm ketan.
2. Bentuk bulat, sambil dikepal-kepal pakai tangan.
3. Buat lubang di tengahnya, masukkan bahan isian.
4. Tutup, lalu bentuk bulat lonjong dengan kedua tangan.
5. Ambil selembar daun pisang, bungkus sesuai selera. Lalu kunci kedua ujungnya dengan lidi.
6. Kukus lemper selama 1 jam atau sampai matang.


Salam Lemper  ^___________^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...