Senin, 24 November 2014

Amalan Wanita Penghuni Surga

Sebenarnya sudah dari jaman baheula ingin mengikuti pengajian Hijabers Community (HC). Namun pas lihat websitenya, pas ketinggalan berita. Alhamdulilllah kali ini saya kebetulan dapat informasi mengenai Pengajian HC, ngintip di akun Instagram komunitas yang berdiri sejak 4 tahun lalu ini. Berlokasi di TK Al Azhar, Kebayoran Baru di Jakarta Selatan (dekat Kementerian Pekerjaan Umum) yang mudah dijangkau oleh Kopaja dekat rumah. Acaranya sekitar jam 13.00. Awalnya rada paranoid, gimana kalau nanti sore Jakarta hujan deras? Gimana nanti kalau basah kuyup hujan-hujanan pulangnya? Gimana kalau nanti demam pilek batuk gara-gara kehujanan? (lebay). Bismillah saja, niat yang nggak lurus-lurus amat, mudah-mudahan Allah melancarkan segala langkah kita. Ternyata memang iya tuh, Alhamdulillah...

Acara ini diisi dengan dua orang publik figur, Ustadz Asep Supriatna dan Zaskia Adya Mecca. Ustadz Asep terbiasa membawa training di berbagai tempat, termasuk perusahaan besar seperti Telkomsel. Ia memposisikan dirinya sebagai life performance coach. Pembawaannya santai, lucu, namun disisi lain tidak mendoktrin malah mengajak kita semua berpikir. Untung saya nggak bawa bantal guling dari rumah, maksudnya kalau-kalau ngantuk ketiduran. Pembicara kedua adalah Zaskia Adya Mecca, lebih kita kenal sebagai artis sinetron dan film. Sekarang ia juga mencoba membangun usaha fashion (pernah dengar Meccanism?) dan menjadi produser. Kedatangannya ke acara pengajian selain bersilaturahim juga mempromosikan film terbaru yang disutradarai suaminya Hanung Bramantyo, yaitu HIJAB. Katanya baru akan tayang Januari 2015. Masih sempet nabung di celengan ayam buat beli tiket nonton, nih.

Sesi ceramah Ustadz Asep Supriatna (Doc.Pribadi)


Ceramah dimulai Ustadz Asep Supriatnya sekitar jam 13.00 an. Temanya Amalan Wanita Penghuni Surga. Berikut ringkasan ceramah beliau :
  • Manusia itu sebenarnya diberi pilihan atas segala sesuatu yang akan dilakukannya. Jika seseorang tidak mau shalat, bukan berarti itu paksaan dan kehendak Allah. Namun karena ia memilih tidak shalat. Kita harus hati-hati dengan godaan duniawi, jika berhasil melewatinya, maka kita termasuk golongan yang didekatkan dengan surga. Kalau gagal, termasuk golongan kiri, masuk neraka.
  • Menurut kedudukannya, wanita penghuni surga dibagi menjadi 4 : (1) Sebagai Hamba Allah (2) Sebagai Anak (3) Sebagai Istri dan terakhir (4) Sebagai Ibu
  • Sebagai Hamba Allah, wanita harus memastikan bahwa apa yang kita perbuat adalah amal shaleh. Apa syarat amal shaleh? Ustadz mengatakan, syarat pertama adalah ikhlas karena Allah dan kedua dilakukan sesuai syariat Islam. Ketakwaan kepada Allah adalah ekspresi keimanan seseorang. Segala sesuatunya harus dimulai dari keimanan. Iman yang kuat akan melahirkan sikap hidup. Sikap hidup adalah kecendrungan seseorang untuk memilih mana yang baik mana yang tidak. Orang yang beriman tidak akan pernah melihat sesuai hawa nafsu namun memerhatikan apakah pilihannya termasuk wajib, haram, sunnah, mubah, makruh hukumnya. Sikap hidup yang dilandasi iman yang kuat akan melahirkan perilaku yang baik. Perilaku yang baik menimbulkan ketakwaan hingga berujung pada kedekatan dengan Allah dan surganya :) Si Ustadz mengilustrasikan, ada gambar gajah yang menimbulkan multitafsir mengenai berapa jumlah kakinya. Kalau kita yakin bahwa kaki gajah 4, mau gambarnya macam mana kek, ya bilangnya jumlah kakinya 4. Sama halnya kalau kita beriman bahwa daging babi haram dikonsumsi tentu sikap dan perilaku kita akan menolak disuguhi daging babi barang secuil pun.
  • Sebagai Anak, wanita harus berbakti pada kedua orang tuanya. Melalui apa saja? Kalau mereka masih hidup, bisa dengan mentaati perintahnya (kecuali dalam maksiat kepada Allah), mendoakan, menghormati, membahagiakan dan tidak menambah kesedihan mereka, tidak berkata dan bersikap kasar. Kalau kedua orangtua telah tiada berbakti bisa dilakukan melalui berwakaf atas nama orangtua, menyambung silaturahim kepada kerabat dekatnya, mendoakan, meng-umrohkan dan meng-hajikan almarhum/ah.
  • Sebagai Istri, wanita harus mentaati suaminya.
  • Sebagai Ibu, wanita berperan mendidik putra/putrinya dengan pengajaran yang baik untuk masa depannya. Mendidik mereka untuk selalu mengenal dan mengingat Allah kapanpun.
Berikutnya Q & A (waduuuh pegel ngetiknya)

H (Hijabers) : Pak Ustadz gimana caranya supaya istiqomah dan terhindar godaan setan?
U (Ustadz) : Semakin tinggi level keimanan seseorang semakin getol setan menggodanya. Tapi yakinlah untuk terus meningkatkan kualitas diri kita sesuai tuntunan Allah. Supaya istiqomah, PAKSAKAN diri kita beramal shaleh. Boleh jadi awalnya nggak ikhlas. Namun seiring waktu, bertahap PERBAIKI hati kita.

H : Pak Ustadz, persalinan sesar boleh gak? Suami yang bantu-bantu kerjaan istri, istrinya dosa apa tidak?
U : Suami bahkan wajib meringankan beban pekerjaan istri, JIKA istri mengalami kesulitan. Baik itu menggunakan tenaga atau memperkerjakan asisten. Yang tidak boleh suami mengurus pekerjaan rumah tangga sementara istri bekerja di luar. Persalinan sesar tidak dilarang dengan alasan kondisi kesehatan fisik ibu yang tidak memungkinkan melahirkan normal.

H : Pak Ustadz, apa hukumnya istri bekerja?
U : Hukum wanita bekerja adalah mubah (boleh) dengan adanya izin wali (masih single) dan izin suami (jika sudah berpasangan. Jika kondisi ekonomi keluarga sulit, hukum istri bekerja adalah sunnah dengan seizin suami juga. Bahkan hasil yang ia berikan untuk kebutuhan keluarkan dicatat sebagai sedekah. Syaratnya, tanggung jawab sebagai ibu dan istri jangan sampai terganggu.

H : Pak Ustadz, teman saya bilang hukum jilbab sebenarnya nggak diwajibkan karena kalimat pertama surat acuan "Hendaklah" bukan "Dirikanlah" yang bermakna wajib seperti dalam perintah shalat lima waktu. Gimana cara menjelaskan ke teman saya bahwa jilbab bagi wanita hukumnya wajib?
U : Ada 2 cara mengetahui arti Al Qur'an, pertama dengan takwil dan kedua dengan tafsir. Takwil yaitu menafsirkan arti ayat Al Qur'an dengan pemahaman akal pikiran sendiri tanpa mempertimbangkan sumber-sumber acuan lain seperti ayat-ayat lain dalam Al Qur'an dan Hadist. Sementara tafsir sebaliknya. Temen mbaknya melakukan takwil dan ini bisa berbahaya dalam memahami Al Qur'an. Sebaiknya pelajari dan pahami kajian berdasarkan Al Qur'an dan Hadist yang telah disusun oleh ulama yang kompeten (ia mencontohkan tafsir Ibnu Katsir, dsb). Perintah dalam suatu ayat belum bisa dikatakan wajib, KECUALI ada indikator-indikator lainnya yang menunjukkan bahwa suatu amalan ini wajib. Ia memberikan contoh, Shalat Tahajud dalam Al Qur'an bisa ditakwilkan wajib jika melihat kata perintahnya, tanpa meninjau indikator-indikator lainnya.

H : Pak Ustadz, hukumnya istri menempuh pendidikan/kerja di luar negeri apa ya?
U : Hukumnya sama dengan hukum safar (berpergian di luar tempat mukim). Ia wajib ditemani mahram dan dengan izin suami.

H : Pak Ustadz, bolehkah menceritakan keburukan suami dihadapan anak-anak kita?
U : Mengumbar keburukan suami dihadapan anak-anak sama seperti mengumbar dihadapan orang lain. Hukumnya dilarang dalam Islam.


Artis Zaskia Adya Mecca berbagi ilmu & pengalaman (Doc.Pribadi)
Jam menunjukkan pukul 14.15 giliran sesi Zaskia Adya Mecca. Horeee bisa lihat artis euiii (norak). Ia bercerita sedikit tentang film yang juga diproduserinya itu. Katanya Film Hijab terinspirasi dengan fenomena perempuan dagang. Diceritakan 4 wanita muslimah bersahabat yang berbeda karakternya, 3 sudah berhijab-berkeluarga dan 1 memutuskan untuk tidak berhijab-berkeluarga. Terdorong rasa jenuh dengan aktivitas domestik sehari-hari di dalam rumah, akhirnya mereka berempat memutuskan membuka bisnis online hijab. Lambat laun bisnis mereka berkembang hingga melampaui penghasilan suami. Bumbu-bumbu konfliknya tentang keseimbangan antara bisnis dan kehidupan rumah tangga gitu deh. Zaskia sendiri mengakui cerita film ini juga terinspirasi dengan lika liku pengalaman pribadi maupun rekan-rekannya. Ya sebagai istri, ibu, dan wanita berbisnis.

Uniknya, sesi tanya jawabnya malah seperti seminar womanentrepreunership hihi. Banyak peserta yang mupeng mengikuti jejak kesuksesan Zaskia dalam berbisnis. Termasuk saya *wink* Hingga pertanyaan yang keluar bukan semacam "Apa kesulitannya dalam membuat film ini?" "Kapan, sih filmnya tayang?" apalagi "Gimana akhir filmnya, happy atau sad ending,Mbak?" Namun demikian saya salut artis ibu 2 anak ini tetap menjawab antusias dan apa adanya. Ringkasan kiat bisnis a la Zaskia Adya Mecca adalah sebagai berikut :
  • Jangan mengambil selisih keuntungan yang terlalu tinggi di awal usaha.
  • Sebagai pengusaha walaupun sudah punya karyawan bejibun, tetap harus turun tangan untuk mengontrol dan mengelola. Berbisnislah dengan sepenuh hati.
  • Zaskia terkadang membantu melayani pelanggannya secara langsung.
  • Jujur menjelaskan kelebihan dan kekurangan barang yang kita jual kepada pelanggan.
  • Milikilah konsep brand yang jelas, berkarakter. Jangan asal meniru brand-brand lain.
  • Dalam mengelola bisnis tempatkan posisi kita di pelanggan. Pahami psikologis mereka. Misalnya, jika harga produk baju ini segini, kira-kira mau beli nggak ya? Kalau modelnya gini, saya suka nggak ya/? Begitu seterusnya.
  • Kembangkan kreativitas dalam pemasaran, terutama saat menggunakan sarana media sosial.
Demikian catatan pengajian kali ini. Kalau minat ikut pengajian Hijabers Community bisa dipantau waktu & info lainnya dari akun Instagram hijaberscommunityofficial. Kemarin yang dateng rameee banget, se-aula saja sampai penuh. Belum lagi dapet snack box. Pengajian nggak pake tiket masuk, daftar-daftar, gratis pulak hehe. Mengaji jadi lebih menyenangkan dan semoga berkah, Aamin.

Salam Manis ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...