Kamis, 20 November 2014

Belajar Blogging dari Ahlinya

"Coba tuliskan 2 alasan kamu blogging?"  Mbak Haya Aliya Zaki memberi instruksi, "Tapi pakai tangan kiri ya, nulisnya. Melatih kemampuan motorik."

Memutuskan kalimat apa yang tepat di atas selembar kertas kecil post-it bukan perkara gampang. Bukan hanya karena nulisnya pakai tangan kiri atau pakai jempol kaki. Pertama kali mulai blogging dari jaman kuliah, memanfaatkan blog gratis akun pertemanan Friendster. Isinya nggak mutu karena kebanyakan curahan hati anak muda perantauan yang random. Akun Friendster pun lenyap beberapa waktu lamanya jadi malas nulis, malah lebih aktif curhat di buku harian yang selalu disembunyikan di bawah kolong tempat tidur. Akhirnya nyoba Blogspot dengan tulisan yang foodie banget bareng teman seperkuliahan. Awalnya lancar jaya nulis ini itu. Bahan obrolan banyak, semangat juga oke. Beberapa waktu kemudian, sifat mood-mood-an datang mendera. Vakum deh cerita-cerita di blog. Kembali ke alasan blogging, saya rasa ada yang tak beres dengan niat awalnya. Apa itu terlalu rendah-materialistik sehingga gampang muncul hilang.

Suasana mengajar di kelas


Demikianlah saya bersyukur menemukan pengumuman adanya Workshop Fun Blogging Dari Hobi Menjadi Profesi ketika sedang blogwalking nyari tips-tips menulis yang baik. Bersyukur pula punya inisiatif langsung mendaftar dan membayar beberapa hari berselang. Workshop diselenggarakan oleh Digital Active bekerjasama dengan beberapa sponsor. Salah satu manfaat mengikuti workshop ini salah satunya seperti yang diceritakan diatas. Menemukan alasan pribadi yang kuat, untuk menulis dalam sebuah blog. Kedua, materi yang diberikan cukup padat (dari jam 09.30 - 15.00) dengan biaya yang cukup terjangkau. Rasanya nggak percuma nyasar-nyasar dulu di Gedung Cyber 2 sebelum akhirnya sampai di tempat lokasi sesungguhnya di Gedung Cyber 1, Kuningan Barat (Belakang BPH Migas). Materinya sendiri dibagi dalam 3 sesi : Sesi I diisi Mbak Haya Aliya Zaki (Writing Great Content); Sesi II oleh Mbak Shinta Ries (Menguasai Platform Blog), sesi terakhir oleh Mbak Ani Berta (Benefit Sosial dan Materi dari Akun Sosial Media). Terima kasih banyak-banyak untuk 3 mbak-mbak suhu blogger ini ^_^

Sesi I : Writing Great Content 
"Tidak hanya skill yang dibutuhkan namun juga networking. Tapi networking tanpa skill menulis juga percuma."

Di sesi ini Mbak Haya Aliya Zaki memaparkan sekilas pengalamannya dalam menjalin networking sehingga mengantarkannya pada kesempatan-kesempatan emas. Skill menulis juga bukan sesuatu yang dianggap remeh, oleh karena itu kami diajari bagaimana membuat konten blog yang menarik dibaca. Bukan hanya substansi ternyata namun selayaknya menulis untuk konsumsi publik kita harus teliti dengan tanda baca, penulisan kalimat, typo, gaya bahasa. Beliau memberitahukan kami bahwa tulisan yang baik adalah tulisan yang seperti obrolan orang normal. Kalau masih kaku, tulisan masih perlu editan. Sebagai pamungkas, dibocorkan 11 jurus membuat tulisan bertenaga. Ingin tahu jurusnya? Lebih baik ikutan workshopnya sendiri ya, hehe

Sesi II : Menguasai Platform Blog
Sesi ini sebenarnya agak berat  bagi orang gaptek bagi saya. Istilah teknologi informasi kadang bikin pusing. Alhamdulillah Mbak Shinta Ries berusaha menjelaskan sesederhana mungkin. Tapi mau nggak mau mesti dipelajari ulang di rumah. Materi yang diberikan tentang bagaimana membuat tampilan blog yang baik, pertimbangan dalam memilih domain yang tepat, bagaimana menganalisis tingkat kepopuleran blog kita secara lebih terperinci. Laporan analisis penting ketika kita sudah mendapat kepercayaan untuk mereview sebuah brand di blog kita. Selama ini saya merasa analisis yang diberikan Blogspot sudah WOW ternyata ada yang lebih canggih lagi ;( Oh ya, dibeberkan pula bagaimana tips trik membuat blog kita mudah  ditemukan mesin pencari Google.

Sesi III : Benefit Sosial dan Materi dari Akun Sosial Media
Teknis penulisan konten yang baik sudah, dari segi teknologi informasi juga. Nah, sesi terakhir memberi insight baru mengenai peluang ekonomi (pekerjaan) di dunia blogging. Bagaimana membuat blog kita beken dan mengundang peluang-peluang pekerjaan seperti review produk, disini Mbak Ani Berta menjelaskan dengan gamblang. Disini dibeberkan bagaimana memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk mempopulerkan blog. Membagi apa yang kita tulis di media sosial ternyata ada ilmu, etika, dan cobaannya. Pintar-pintar kita menyesuaikan.  Di akhir-akhir materi, ditampilkan beberapa keuntungan yang diperoleh sebagai buah ketekunan dalam blogging. Bikin tambah ngiler dan termotivasi, dah!



Lunch Box by Hana Catering
Jangan takut keroncongan selama ikut workshop ini. Di sesi pertama langsung dapat snack box isinya 6 kue basah dan gurih yang enak-mengenyangkan. Pas jam istirahat dapat lagi lunch box yang menggiurkan dari Hana Catering (@Hana_Catering) yang ayam bakarnya enak banget. Alhamdulillah seusai workshop silaturahim juga terjaga dengan dibuatnya grup khusus di Facebook. Disini bukan hanya bisa bertemu teman-teman baru, berkunjung ke blog masing-masing, memperluas wawasan, namun juga mendorong saya pribadi untuk lebih konsisten latihan menulis. Hal yang sangat bermanfaat untuk blogger angin-anginan seperti saya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...