Kamis, 11 Juni 2015

Brownies Kukus Cokelat Pandan

Kemarin sempat bete. Pompa air rusak jadinya dan berimbas dengan kelangkaan sumber daya hayati ini di rumah kami. Tak sampai berhari-hari sih, tapi lumayan susahnya. Bayangkan mo mandi sulit, mo shalat enggak bisa wudhu, kalau haus jangan sampai minum karena takut ke toilet, mo nyuci tangan enggak bisa apalagi cuci baju atau piring. Air itu nikmat, yah. Setelah beberapa jam tukang pompa tiba. Mendadak Spiderman, Superman, bahkan Gatot Kaca, sudah enggak ada apa-apanya dibanding mereka.

Biasanya saya lebih suka mengurung diri di kamar dibandingkan menjadi mandor pekerjaan-pekerjaan kasar berbau alat, mesin, dan teknologi lainnya. Kali ini entah ada angin apa saya agak rajinan. Ternyata ada baiknya jadi mandor, sedikit-sedikit jadi belajar walaupun permukaan banget. Mengamati kedua tukang ini bekerja, antara bingung dan takjub. Mereka bukan Si Doel Anak Sekolahan, tapi ya kok ngerti dengan pompa dan seluk beluknya. Mereka juga berani mengambil tindakan kreatif ketika terjadi hal-hal yang meleset dari perkiraan selama perbaikan. Dilakukan dengan tenang dan tidak didahului dengan keluhan maupun kepanikan.

"Kamu belajar darimana?" tanya Mama yang juga terheran-heran melihat ketrampilan mereka.
"Ya, cuma mengamati kawan kami. Terus latihan, Bu, pengalaman. Lama-lama bisa" jawab salah seorang dari mereka sembari menyambung pipa-pipa.

Sederhananya, ya iyalah namanya juga tukang pompa. Pasti ngerti soal pompa hehe. Lalu saya sadar, di dunia ini ilmu Allah itu luas dan bisa diambil oleh siapapun yang berkeinginan.


Air pun mengalir, Alhamdulillah bisa cuci baskom lagi... Waktunya coba-coba reseppp. Sebenarnya sudah lama ingin buat brownies kukus cokelat pandan. Begitu pula cake kukus lapis lainnya. Akhirnya ketemu resep dari Ibu Ati Adam. Metodenya, kita mesti bikin adonannya satu-satu. Adonan cokelat dikocok sendiri dari awal, begitu pula yang pandan. Repot? Lumayan, tapi saya lebih tertarik dibandingkan metode membuat 1 adonan lalu mesti membaginya menjadi 2 adonan, lalu ditambah bahan-bahan tertentu untuk membedakan karakter adonan. Kecendrungannya pasti agak lebih banyak ngaduk-ngaduk.

Terima kasih untuk Ibu Ati, brownies kukus cokelat pandannya enak. Tapi penampilannya belum se-rapi jali beliau punya -_-. Rasa manis di lapisan pandan dan diimbangi cita rasa chocolatey di bawahnya. Percobaan ini juga pertama kalinya saya buat brownies kukus pake margarin, bukan minyak sayur. Hasil teksturnya lembut tapi tak selembut kempus-kempus yang pakai minyak. Sejujurnya lebih suka brownies kukus yang pakai minyak sayur. Jika ingin pakai margarin pilih yang tidak pakai perisa butter, plain aja supaya aroma cokelat maupun pandan yang nonjol. Margarin beraroma butter lebih cucok dengan cake panggang, menurut pendapat saya. Silakan ini resepnya, saya hanya buat 1/2 resep.

Resep Brownies Kukus Cokelat Pandan
Hasil : 1 loyang 22 x 22 x 4 cm (1/2 resep)

Bahan Adonan Cokelat :
Telur 4 butir
Gula pasir 150 g
Tepung terigu 100 g
Cokelat bubuk 25 g
Margarin 100 g
Dark Cooking Chocolate 100 g
Pasta Black Forest 1 sdm (enggak pake)
Vanilla bubuk 1/2 sdt (kelupaan)
Garam 1/2 sdt
Emulsifier 10 g

Bahan Adonan Pandan : 
Telur 4 butir
Gula pasir 150 g
Tepung terigu 125 g
Margarin 100 g
White Cooking Chocolate 100 g
Pasta pandan 2 sdm
Garam 1/2 sdt
Emulsifier 10 g

Cara Membuat :

1. Tim masing-masing cokelat batang dan margarin hingga leleh mulus
2. Pada masing-masing adonan : Kocok dengan mixer kecepatan tertinggi telur, gula pasir, emulsifier, garam sampai mengembang, kaku, kental berjejak, pucat.
3. Pada masing-masing adonan : Masukkan campuran tim margarin dan cokelat batang serta pasta. Kocok dengan kecepatan mixer terendah sebentar.
4. Pada masing-masing adonan  : Campurkan bahan kering seperti tepung terigu dan cokelat bubuk (untuk adonan cokelat). Aduk rata.
5. Sisihkan adonan pandan. Tuangkan adonan cokelat ke loyang yang telah dioles margarin. Ratakan dan ketok-ketok loyang.
6. Kukus adonan cokelat selama 15 menit dengan api sedang (kalo 1/2 resep 10 menit cukup). Kukusan sudah dipanasin sebelumnya.
6. Taburi chocochips diatas lapisan brownies cokelat.
7. Tuang adonan pandan diatas lapisan brownies cokelat. Kukus dengan api sedang selama 25 menit.
8. Setelah agak dingin lepas dari cetakan, potong-potong, sikaaaat.


Salam Brownies semuaaa ^_^

Referensi :
http://atiadam.blogspot.com/2013/02/brownies-kukus-coklat-pandan.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...