Jumat, 19 Juni 2015

Bacem Ayam (Inspirasi Hidangan Ramadhan)

Semoga hari ini puasa kita dimudahkan dan diberkahi Allah, ya ^-^

Mungkin ide membuat aneka bacem-an bukan barang baru. Hidangan bersahaja manis-manis gurih yang layak disimpan di kulkas sebagai stock panganan di bulan puasa. Sewaktu-waktu tinggal dihangatkan. Teknik pem-bacem-an sebenarnya pengawetan juga karena ada pemberian gula (biasanya gula jawa bahkan ada yang nambahin kecap) dalam jumlah signifikan dan proses pemasakan yang ngabisin gas. Dimulai dengan memberi bumbu-bumbu semacam bawang halus, ketumbar, lengkuas, asam jawa, daun salam, garam, gula jawa dan air (air kelapa biar lebih yahuddd) kedalam bahan-bahan berprotein tinggi (semacam tempe, ayam, ati ampela, tahu). Kemudian dilanjutkan dengn meng-ungkep bahan tadi dalam api kecil hingga cairan berkurang, bumbu meresap, dan bahan berwarna cokelat gelap. Bacem bisa langsung dimakan atau diolah lagi melalui penggorengan, pembakaran atau pemanggangan. Layak disandingkan dengan nasi putih hangat dan berbagai sayur mayur.

Sekarang ada cara sedikit "curang" dalam membuat bacem. Saya pernah melihat iklan Bango Bacem Ayam di tipi tapi baru mencoba akhir-akhir ini. Bentuknya semacam pasta hitam gelap yang berisi ramuan bumbu khas bacem. Di kala rasa malas mengupas dan menghaluskan bawang mendera, saya putuskan untuk meng-ungkep beberapa potong ayam negeri hanya dengan 1 sachet Bango Bacem Ayam, air, dan tambahan kecap. Tanpa tambahan lain. Hasilnya? Lho kok enaaak. Sempet was-was kalo nanti bakalan bau-bau jamu. Tapi ternyata enggak, aromanya alami rasanya manis gurih gitu juga.

Kali kedua coba bikin lagi tapi kali ini agak dibela-belain menambahkan bumbu seperti sedikit bawang halus, lengkuas, dan salam. Tapi tanpa kecap. Hasilnya? Tambah enaaak, Alhamdulillah. Tapi kalo mo cara minimalis seperti eksperimen awal juga enggak apa-apa ^-^ Ungkep bacem dalam waktu lama sampai daging (saya pakai ayam) empuk, bumbu meresap kedalamnya, dan warna cantik cokelat-cokelat. 


Resep Bacem Ayam a la Bango 
Hasil : lupa berapa potong ayam

Bahan-Bahan :
Ayam 2 ekor tapi bagian paha saja
Rempela sekitar 7 buah
Daun salam 1 lembar
Lengkuas 2 cm (geprek)
Ketumbar 1 sdt
Bawang merah 4 butir (sedang)
Bawang putih 2 butir (besar)
Garam menurut selera
Bango Bacem Ayam 2 sachet (@ 60 g)
Air 500 - 600 ml

Cara Membuat :
1. Haluskan bawang merah dan bawang putih
2. Campurkan ayam, bawang halus, Bango Bacem Ayam, dan bumbu-bumbu lainnya. Tambahkan air. Aduk rata.
3. Ungkep sampai bumbu meresap, ayam empuk, cairan berkurang, dan warna ayam mencokelat hitam dengan api kecil. Kalau kurang-kurang air atau garam bisa ditambah dikit-dikit. 


Selamat berpuasa ^-^
Salam Manizzzz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...