Sabtu, 06 Juni 2015

Menyambut Ramadhan (Khotbah Nabi Muhammad SAW)

Ternyata ditengah gempuran transfer informasi melalui media elektronik (e-mail, Whatsapp, BBMan, dan lain-lainnya yang luput dari pemahaman saya), segelintir rakyat Indonesia masih mempertahankan cara konvensional, diantara berkiriman lewat pos. Segelintirnya termasuk orangtua saya dan beberapa temannya.

Ceritanya kemarin orangtua mendapat kiriman kumpulan buku agama kopian. Bentuknya seperti diktat kuliahan. Begitu melihat sekilas lembar demi lembar saya langsung bengong. Buku ini berisi rangkuman materi pengajian yang telah teman orangtua saya ikuti di Malang, Surabaya sana. Mereka benar-menar mencatat detail informasi, menyusunnya secara sistematis, mengetik ulang, memasukkannya kedalam diktat yang enak dibaca, hingga memperbanyak diktat-diktat tersebut supaya orang lain bisa merasakan manfaatnya. Masya Allah!

Sebagai kawula muda saya malu sendiri. Ikut pengajian bukannya jarang tapi enggak sering juga, mencatat juga rajin kok. Tapi entah dimana buku catatan saya sekarang huahaha. Sudah menempelkah ilmu yang saya peroleh saat itu? Sayangnya yang diingat malah humor-humornya si uztadz atau uztadzah -_-. Sepertinya kehadiran kiriman diktat-diktat ini berhasil menampar.

Berhubung menyesuaikan judul postingan diatas "Menyambut Ramadhan", saya salinkan beberapa materi dari diktat kiriman tersebut. Kali ini tentang khotbah Nabi Muhammad SAW di akhir bulan Sya'ban. Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Salman ra. Semoga kita diberi kesiapan Allah untuk menyambut Ramadhan jauuuuh lebih baik. Paling tidak dengan penuh kegembiraan ^_^.

Diantara khotbah Nabi Muhammad SAW :

- Wahai manusia, akan menaungi kalian bulan yang mulia penuh barokah, yaitu bulan yang didalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang Allah fardhukan berpuasa pada siang harinya dan menegakkan Qiyamul Lail sebagai amalan sunnah.

- Barang siapa beramal di bulan Ramadhan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah, maka ganjarannya sama dengan orang yang beramal fardhu pada bulan-bulan lainnya. Dan barangsiapa mengerjakan amalan fardhu pada bulan Ramadhan, baginya pahala 70 amalan fardhu pada bulan-bulan lainnya.

- Ramadhan adalah bulan kesabaran, sedangkan balasan atas sikap sabar adalah surga.

- Ramadhan adalah bulan diberikanNya berbagai pertolongan dan ditambahkanNya rezeki bagi kaum mu'min. Barangsiapa memberikan makan untuk berbuka pada orang yang berpuasa, baginya akan diampunkan dosa-dosanya dan diselamatkan dirinya dari neraka. Sedang pahalanya sama dengan orang yang berpuasa tersebut tanpa dikurangi sedikitpun.

- Para sahabat bertanya : "Ya Rasulullah, bukankah tidak semua kita mampu memberikan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa?" Rasulullah menjawab, "Allah memberikan pahala ini kepada orang yang memberikan sebutir kurma atau seteguk air atau sehirup susu."

- Dialah bulan yang permulaannya rahmat, pertengahannya ampunan, dan akhirnya diselamatkan dari api neraka.

- Barangsiapa yang meringankan beban bagi para hamba-hambanya/pembantu-pembantunya, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya dan menyelamatkannya dari siksa api neraka.

- Perbanyaklah 4 perkara di dalam bulan Ramadhan, 2 perkara agar kamu kerjakan dalam mencari ridho-Nya dan 2 perkara untuk yang sangat kamu perlukan dan butuhkan.

2 perkara yang kamu lakukan untuk mencari ridhoNya adalah :
1. Mengakui bahwa tidak ada Tuhan selain Allah
2. Memohon ampun kepadaNya

2 perkara yang sangat kamu butuhkan adalah :
1. Permohonan agar kamu dimasukkan kedalam surga
2. Permohonan perlindungan dari api neraka


Salam Manis, Semoga Bermanfaat ya ^_^




2 komentar:

  1. waah, baca paragraf2 awal kayanya saya lebih malu lagi. kalau ikut pengajian jarang mencatat >.< apalagi menyebarkan *dududuh

    makasih ka, udah nerusin khotbahnya lewat tulisan inii. InsyaAllah jadi ilmu yang bermanfaat :))

    Sepertinya aku baru main-main ke sini, salam kenal yaa ^^

    BalasHapus
  2. Halo Ranii. salam kenal jg yaa, thanks sudah mampir. Hehe sama2 malu ya kita, Aamin Ya Rabb, semoga bermanfaat sharing seadanya ini (cuma nyalin diktat >_<). Selamat menyambut bulan Ramadhan ^_^

    BalasHapus

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...