Sabtu, 21 Maret 2015

Pennylane Brownies

Pennylane brownies juaraaa. Terima kasih Mbak Riana Ambarsari untuk sharing resepnya :) Katanya resep si brownies beliau peroleh dari majalah Femina dan merupakan resep pertama yang ia coba. Pas umur 10 tahun! Jadi malu, umur segitu mah saya gencar-gencarnya minta dibuatkan kue sama Mama, mana pikir masak sendiri. 

Awalnya rada ragu, biasanya nemu resep brownies yang mensyaratkan Dark Cooking Chocolate. Tapi ini yang dipakai malah cokelat bubuk dalam jumlah banyak dan minyak sayur, bukan mentega/margarin. Usut punya usut, kata Mbak Riana dalam blognya, minyak akan meningkatkan flavor cokelat dibanding mentega/margarin. Dan 1 square cokelat batang yang dilelehkan itu sama aja dengan 1 sendok teh cokelat bubuk dicampur dengan 1 sendok teh minyak. 

Satu hal lagi yang saya suka dari pennylane brownies, satu adonan hasilnya cukup melimpah ruah. Jadinya cocok untuk dibisniskan dan banyak pengusaha kue rumahan memanfaatkannya sebagai produk andalan. Mbak Riana sendiri salah satunya. 

Ukuran gula pasir saya kurangi sebanyak 60 g. Takut kemanisan berhubung takaran kacang sangrainya saya kurangi 40 g hehe. Tapi jangan sekali-kali menguranginya lebih rendah lagi kalau menginginkan brownies dengan manis pas dan lapisan tipis rapuh diatasnya. Dulu pernah buat untuk hantaran lebaran dan pennylane brownies begitu enggak jadi ;( Faktor suhu juga berperan, kalau kurang dari 180 Celcius juga enggak muncul si lapisan. Iya enggak ya??? Saya juga cuma tebak-tebak buah manggis #lho.


Soal tekstur, lembut layaknya sponge cake. Maklum ngocok telornya sampai putih, pucat, mengental. Kalau mau agak padat mungkin ngocoknya jangan nafsu kali ya? Instruksi resep aslinya cuma : kocok telur, gula,  dan vanilla hingga kental dan gula larut. 

Resep Pennylane Brownies
Hasil : 2 loyang ukuran 22 x 10 x 3 cm

Bahan-Bahan :
4 butir telur
400 g gula pasir
1 sdt vanilla pasta (saya 1/2 sdt vanilla bubuk)
220 g terigu
70 g cokelat bubuk (saya 60 g)
1/2 sdt garam
200 g minyak sayur
150 g kenari panggang (saya 80 g kacang tanah sangrai)
100 g chocochips

Cara Membuat :
1. Panaskan oven suhu 180 Celcius
2. Kocok telur, gula, vanilla sampai kental dan gula larut (saya kebablasan).
3. Masukkan campuran terigu dan cokelat bubuk. Aduk rata.
4. Masukkan minyak sayur. Aduk rata.
5. Masukkan kacang dan chocochips. Aduk rata.
6. Panggang di oven selama 20/35/40 menit sampai matang (tergantung panas oven masing-masing,ya)

Selamat mencoba. Mari rayakan hari penuh cokelat #caileee

Salam Muaniesss ^_^


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...