Senin, 23 Maret 2015

Brownies Ekonomis

Rencananya pingin nitip jual brownies di toko-toko dekat rumah. Tapi pengen yang sedikit lebih ekonomis karena menyesuaikan harga pasaran di tempat saya. Enggak bisa mihil-mihil. Pernah coba resep hasil guglingan, tapi kok lebih mirip chocolate sponge cake ya? Akhirnya urung dijual. Alhamdulillah nemu resep Brownies Ekonomis dari Mbak Ika Rahma di blognya Dapur Hangus. Taglinenya cukup menarik : murah, mudah, dan lezatosss.

Setelah dicoba, meman cucok dengan tagline Mba Ika. Mirip pennylane brownies tapi lebih enggak terlalu nyoklat (yaiyalah ekonomis). Teksturnya masih spongy tapi enggak kempus-kempus a la cake. Bagian permukaan ada lapisan tipisnya juga khas-khas brownies. Mungkin yang agak tricky (bagi amatiran dengan pisau kurang tajem seperti saya -_-) pas motong-motongnya. Seperti terpampang di foto-foto berikut Anda bisa melihat grupil sana sini. Besok mesti latihan lagi aaah.


Saya kemarin ngocok telur dan gulanya enggak pakai emulsifier. Tanda selesainya yaitu asal cukup kental, pucat, dan gulanya larut. Trus pas masukin bahan kering dan minyak sayur cukup diaduk pakai spatula. Biar adonan tidak terlampau turun. Mungkin kalau ingin browniesnya lebih padat dan enggak grupil-grupil seperti punya saya, jangan heboh ngocoknya ya. Mbak Ika sendiri hanya mengocok sebentar asal sampai adonan telur lembut dan gula larut pake whisker.


Terima kasih Mbak Ika sharing resepnya ^^ Izin copy paste yaaa...

Resep Brownies Ekonomis 
Hasil : 1 loyang (24x24x4 cm)

Bahan-Bahan
155 gr terigu
45 gr coklat bubuk
4 btr telor ukuran besar
1 gelas belimbing minyak sayur (minyak goreng) (saya 225 ml)
1/2 sdt baking powder (saya skip)
250 gr gula pasir
Sejumput garam

Tambahan a la-a la saya :
Susu bubuk 18 g
Vanilla bubuk 1/2 sdt

Cara membuat :
1. Kocok telur, vanilla bubuk, garam dan gula pasir sampai lembut dan gula larut.
2. Masukkan campuran tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk. Aduk rata dengan spatula.
3. Masukkan minyak sayur. Aduk rata dengan spatula.
4. Tuang adonan ke loyang yang telah diolesi margarin.
5. Panggang di oven 180 C yang telah dipanaskan selama 35 menit sampai matang.

Salam Muaniessss ^____^


Referensi :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...