Senin, 02 Februari 2015

Bolu Kukus Mekar

Resep bolu kukus mekar ini diadaptasi dari Bonus Tabloid Saji tahun lalu tentang Aneka Kue Pandan. Saya lupa nomor seri dan tanggal terbitnya, bookletnya keburu nyelip. Kalo enggak salah judulnya Bolu Kukus Mekar Pandan. Di resep aslinya pakai susu bubuk, meises, dan pasta pandan. Cuma karena parno peristiwa bolu kukus gagal mekar di tahun-tahun sebelumnya, akhirnya saya menghilangkan bahan-bahan yang bikin enak ini. Kebetulan kejadian gagal dulu pas pakai bahan-bahan ntuh.

Alhamdulillah pas dicoba bolunya mekar semua *jingkrak-jingkrak*. Kalau jaman dahulu kala, tidak semuanya bisa mekar. Soal rasa memang manis plus plus, sedikit gurih karena tambah garam. Pakailah pasta mocha ato kopi, dijamin uenaaak harumnyaaa :D Teksturnya lembut dan ringan, kayak kapas kalo masih baru. Tapi lama-lama sedikit padat sehingga cocok untuk pengganjal perut keroncongan.

Hanya yang kurang, mekarnya masih kalah sama toko kue professional yang rapih-rapih dan bisa sampai 4 kelopak timbul, hihi maklum masih belajar. Warna bolu juga kurang puas karena terlalu pekat dan ada kekeliruan dalam menata adonan sebelum dikukus. Susunan warnanya kurang cantik. Kalo yang saya buat ini : satu adonan putih awal, adonan cokelat mocha atas disebelah kanan, adonan hijau disebelah kiri adonan cokelat, diakhiri adonan putih dikit ditengah-tengah adonan hijau-cokelat. Hasilnya...layer-layer warnanya enggak jelas hehe. Besok pengen coba adonan putih, adonan cokelat (atas adonan putih), adonan hijau (atas adonan cokelat), adonan cokelat atasnya lagi. Atau kalau ada teman-teman yang biasa bikin bolu kukus bisa di-share pencerahannya :) Mariiii.



Resep Bolu Kukus Mekar (Adaptasi dari Bonus Buklet Saji)
* Ala-ala saya 
Hasil : 19 cup mini

Bahan
Telur 2 butir
Gula pasir 200 g
Emulsifier 1/2 sdm (*SP Ryoto)
Terigu 250 g
Susu bubuk (* Tidak pakai)
Baking powder 1/2 sdt (* 3/4 sdt)
Air soda 225 ml (* 200 ml karena minus susu bubuk)
Essence pandan suji 1/4 sdt (*Tidak pakai)
Pewarna hijau 5 tetes (pasta mocha dan pasta pandan secukupnya)
*Garam 1/4 sdt
*Vanilla bubuk 1/4 sdt

Cara membuat
1. Kocok telur, garam, gula pasir, emulsifier, vanila sampai mengembang, kental, kaku, dan mengkilat.
2. Masukkan campuran tepung terigu dan baking powder sambil berselang seling dengan air soda. Mixer dengan kecepatan terendah sebentar. Lanjut aduk dengan spatula sampai rata.
3. Bagi adonan menjadi 3 warna yang dikehendaki.
4. Susun di cup khusus bolu kukus yang sudah diapasi cup kertas. Isi sampai penuh
5. Kukus 10 menit sampai matang dengan api besar. Pastikan kukusan sudah dipanaskan sebelumnya. Trus isi kukusan jangan kebanyakan  kayak bikin bandeng presto hihi. Untuk ukuran klakat 30 cm x30 cm kira-kira 6-7 cup.


Selamat mencobaaa. Kalau sudah terbiasa membuatnya, bolehlah kita jual-jual bolu kukus mekarnya untuk nambah uang jajan :p

Salam Maniessss ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...