Rabu, 11 Februari 2015

Risoles Ragout

Risoles, di era kemajuan teknologi yang pesat dewasa ini (enggak jelas bawa-bawa teknologi segala :p) ikutan "maju" juga. Terutama dalam hal modifikasi aneka isian (filling) yang bercitarasa modern seperti sosis, daging asap, tempura, korned, mayonaise, keju, dan lain-lain. Tapi anehnya, isian ragout berupa potongan ayam/daging sapi giling, wortel, dengan sentuhan aroma pala dan irisan daun seledri yang kuat, takkan pernah terganti... :p

Biasanya kalau habis makan makanan enak, selalu penasaran bukan main ingin belajar membuat produk serupa. Itulah awal cerita bagaimana risoles ragout ayam jadul ini nongol setelah sekian lama saya vakuum karena faktor M (Males, Mogok, Menghemat bahan terutama telur, Maunya tinggal makan doang). Kebetulan ada saudara jauh yang memberi kami oleh-oleh risoles yang cukup enak. Suwiran ayamnya lumayan banyak, rasa ragoutnya pun manis gurih pas.


Godaan terbesar dalam membuat risoles adalah mencetak kulit satu persatu. Suka bikin males. Tapi percaya deh, ketika risolesnya sudah jadi, ada perasaan senang dan puas yang tak terbayar. Kulit lembut, berpadu dengan isian ragout manis, gurih, harum, dan terasa ayamnya hehe. Alhamdulillah. Enggak ada ruginya jadi anak sabar dan rajin, bukan hehe? :)


Resep Risoles Ragout Ayam
Hasil : 22 pcs

Bahan Kulit
Tepung terigu 300 g
Telur utuh 2 butir
Kuning telur 2 butir
Air 600 ml
Garam 1 sdt atau sesuai selera

Cara membuat kulit
1. Campur tepung terigu, telur, air, garam. Aduk sampai tidak bergelindil.
2. Diamkan adonan selama 30 menit. Pengalaman, kalau adonan didiamkan, kulit yang terbentuk akan lebih elastis lentur sehingga enak buat dilipat-lipat nanti. Enggak gampang patah. Kok bisa, ya? 
3. Cetak di pan diameter 20 cm satu-satu. Panaskan dulu pannya sebelum mulai mencetak. Pastikan pannya belum udzur sehingga kulit risoles gampang lepas nantinya ^_^ Gunakan api kecil.

Bahan Ragout
Dada ayam tanpa kulit 4 potong (dipotong kecil-kecil)
Wortel lokal 6 potong/300 g (dipotong kecil kotak-kotak)
Bawang bombay ukuran besar 1
Bawang putih 2 siung
Kaldu ayam 200 ml
Kaldu ayam bubuk 1 sachet (saya pakai Royco Kaldu Ayam)
Garam secukupnya sesuai selera
Merica bubuk secukupnya sesuai selera
Susu kental manis sachet 2 bungkus
Tepung terigu  3 sdm
Air untuk melarutkan tepung terigu 3 sdm
Daun seledri 2 batang besar (atau sesuai selera yaaa)
Biji pala 1/2 butir (diparut)

Cara membuat ragout :
1. Tumis bawang bombay dan bawang butih sampai harum diatas minyak.
2. Masukkan potongan dada ayam, tumis bersama bombay bawang putih sebentar. Jangan sampai bawangnya gosong, ya. Masukkan kaldu ayam. Masak hingga ayam empuk dan matang.
3. Masukkan potongan wortel. Tambahkan air sehingga seluruh bahan terendam. Masak hingga empuk.
4. Masukkan kaldu ayam bubuk, merica bubuk, garam, susu kental manis, parutan pala, gula pasir bila suka manis. Aduk.
5. Masukkan larutan tepung terigu dan air. Aduk adonan hingga kental, tidak terlalu encer, berat, kencang dan meletup-letup. Kalau terlihat masih kurang kental bisa ditambah larutan tepung terigu sedikit-sedikit. 
6. Matikan api. Masukkan daun seledri cincang. Aduk rata.
7. Diamkan ragout sampai turun suhunya.

Cara menyusun :
1. Ambil satu lembar kulit.
2. Taruh 11/2 sdm ragout di tengah agak ke bawah (hadeuuuh ribet jelasinnya). Bentuk ragout bulat lonjong. Bentuk ragout didalam kulit akan menentukan bentuk risoles keseluruhan.
3. Mulai lipat dari bagian kiri lalu kanan kulit. Pastikan bagian kanan menumpuk rapat ujung kulit bagian kiri, jangan bercelah.
4. Gulung risoles dari bawah. ketika gulungan pertama, kencangkan dengan tangan.
5. Lumuri risoles dengan putih telur lalu tepung panir. Gunakan sisa putih telur bekas bikin kulit.
6. Simpan di wadah tertutup. Masukkan kedalam refrigerator semalaman.

Kalau menggoreng risoles jangan pake api besar atau terlalu kecil. Yang sedang-sedang saja. Trus jangan terlalu sering dibolak-balik, ya. Semoga bermanfaat.

Salam Manies ^_^



2 komentar:

  1. Saya sudah lama ingin bikin risoles ragout, dan ketika browsing rasanya kurang mantap resep di sana....tapi yg ini bisa saya coba nih, saya catat ah hehehe
    Makasih ya Mba sharing nya :)

    BalasHapus
  2. Makasih Mba Ani sudah mampiiir, semoga bermanfaat resepnya. Lumayan buat cemilan sambil minum teh ^_^ v

    BalasHapus

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...