Selasa, 23 Desember 2014

Cake Pisang

Selamat Hari Ibuuu semuaaa #Telatbanget.
Semoga kita bisa selalu menyayangi dan menyenangkan hati ibu  masing-masing yaaak ^_^

Ngomong-ngomong kemarin coba-coba bikin cake pisang. Bukan dalam rangka memperingati Hari Ibu, sih. Mama juga sedang ngurangin makan kue-kuean ;(. Lagipula beliau sudah cukup bahagia punya putri seperti saya :p *anak pelit* Sebenarnya cake ini tidak terlalu nurut dengan standar cake pisang pada umumnya, yang padat, lembut, cokelat gelap, berminyak, dan tentunyaaa kaya pisang. Saya malah terinspirasi dari cake pisang buatan adik mama saya yang menggunakan pisang dalam jumlah sedikit tapi hasil akhirnya harum mewangi menggugah selera. Sayang sekali tante kalau bikin cake ukurannya tidak jelas, pake feeling, sehingga saya pusing 7 keliling menyontek resepnya. Googling-googling dapatlah resep Sajian Sedap yang sepertinya mendekati resep tante. Bismillah, dicoba.


Hasil cake lumayan enak, lembut, manisnya pas, dan tentu harum pisang Alhamdulillah. Psssttt lebih ekonomis juga, lho. Tapi bagi yang lidahnya sudah biasa dengan cake pisang yang padat, lembut dan moist  mungkin kurang tertarik ^_^ Untuk memperkaya rasa (#tsaahh bahasanya), saya tambahkan susu bubuk full cream Dancow Instant, bubuk vanilli Koepoe (pengganti kayu manis bubuk), dan gula palem. Semakin banyak gula palem, aroma dan warna cakenya semakin cantik. Namun kalau mau menambahkan gula palem lebih banyak, total gula (gula pasir + gula palem) mungkin harus ditambahkan dan jumlah gula pasir dikurangi. Soalnya gula palem tidak semaniezz gula pasir. Oiya jangan kelupaan garam karena benda ini yang bisa menambahkan rasa gurih ke cake pisang kitaaa. 


Terakhir,  bintang utamanya adalah pisang. Pake pisang ambon, ya. Kalo punyanya pisang kepok lebih baik itu buah digoreng aja deh. Bukan sembarang pisang ambon, tapi yang sudah harum dan matang cukup. Kemarin saya pakai yang warna kulitnya dah item-item kayak busuk tapi dalamnya masih bagus dan putih. Pernah nggak sabaran bikin cake pisang dari pisang ambon matang nanggung, manis tapi sedikit sepet-sepet gitu. Pas cake-nya jadi rasanya aneh, berasa makan pisang mentah dan nggak harum >_<


Resep Cake Pisang (Sajian Sedap)

Hasil : 12 cup (d1=6 cm d2=4 cm t=2,5 cm)
Keterangan * ala-ala saya >_<

Bahan-Bahan :
2 butir telur 
60 gram gula pasir halus (* 60 g gula pasir halus dan 15 g gula palem halus)
100 gram pisang ambon, haluskan (* 120 g)
100 gram tepung terigu protein sedang  (* 88 g tepung terigu dan 12 g susu bubuk full cream
1/4 sendok teh kayumanis bubuk (* 1/4 sdt bubuk vanilli)
1 sendok teh baking powder  (*1/4 sdt double acting baking powder)
50 gram minyak goreng (* 60 g minyak goreng)
15 gram chocolate chip / kacang almond
1/2 sdt sp (*tambahan sendiri)

Cara membuat:
  1. Kocok telur dan gula pasir sampai kental (* Pada tahap ini saya kocok telur, gula pasir, vanili bubuk, sp dan garam sampai putih, kaku kental, mengembang)
  2. Masukkan pisang ambon bergantian dengan tepung terigu, double acting baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan. Tambahkan minyak. Aduk rata.
  3. Masukkan chocolate chip. Aduk sampai tersebar. (* chocolate chip hanya untuk taburan atas cake)
  4. Tuang di cetakan muffin pendek kecil yang dialas cup kertas.
  5. Oven 15 menit dengan api bawah suhu 180 derajat Celcius sampai matang. (* Kalo oven rumah kira-kira 30 menit)


Yuk, silakan dicoba resepnya semoga bermanfaat.

Salam manis ^_^


Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...