Jumat, 06 Oktober 2017

Puding Santan Kelapa Muda

Bismillah,

Jaman kanak-kanak, mbah putri (sebutan untuk ibu nya ibu saya) hobi banget bikin puding santan gula jawa. Entah untuk kudapan buat kami cucu-cucunya ketika main ke Jakarta. Atau pun pas beliau iseng ke Palembang. Sudah lupa dicetak seperti apa pudingnya saat itu. Tapi saya selalu ingat : aroma kayu manis menyenangkan serta rasa manis gurih seimbang yang menggoyang lidah. Sayang, saking rutin beliau membuat dessert sederhana satu ini, saat itu saya tak memperlakukannya secara istimewa. Ah, cuma puding santan gula jawa biasa. Padahaaaal, ketika sekarang mulai belajar masak, pas mulai bisa menghargai makanan dan proses ribet-ribet dibelakangnya, barulah saya ingin tahu resepnya. Baru setelah mbah putri sudah nggak ada.

Akhirnya terpaksa otak atik resep yang terpampang di balik bungkus agar-agar putih Swallow. Dengan jumlah air ditambahin dikit. Supaya ada variasi, ditambah kelapa muda yang dipotong kecil-kecil. Berbeda dengan  puding yang mbah putri saya buat, puding santan gula jawa kelapa muda versi saya ditambahin daun pandan. Hasilnya? Lumayan bisa dimakan, haha. Tapi masih kalah dengan aroma kayu manis puding santan gula jawa versi mbah putri. 


Trus untuk cetakannya, ternyata loyang bundt cake berbahan teflon bisa dimanfaatkan. Nggak repot cara melepasnya. Tinggal dilonggarkan dengan pisau pelan-pelan. Lalu diangkat sedikit dengan bantuan pisau dan tangan kita. Bisa juga pakai cetakan puding dome plastik, trus dipotong-potong dan disusun maju mundur kayak di pesta-pesta. 

Puding Santan Kelapa Muda
Porsi : 12 Porsi

Bahan :
Agar-agar putih 7 g
Santan kental sedang 900 ml
Gula pasir 80 g
Gula semut atau gula jawa 60 g
Garam 1/2 sdt
Daun pandan 1 lembar (simpulkan)
Kelapa muda 150 g (potong-potong kecil, tiriskan dari airnya)

Cara Membuat :
1. Panaskan santan, gula pasir, gula jawa, garam, daun pandan dengan api sedang. Ketika mulai mendidih, langsung matikan api. Biarkan campuran santan ini dingin.
2. Tuang campuran santan ke bubuk agar-agar secara bertahap sambil diaduk. Masak di api kecil sambil diaduk-aduk dengan gerakan searah. Ketika campuran puding santan mulai menghangat, masukkan potongan kelapa muda. Aduk-aduk terus hingga campuran puding santan meletup-letup. Angkat. 
3. Siapkan cetakan puding tahan panas. Tuang puding santan gula jawa kedalamnya hingga penuh. Biarkan dulu dingin di suhu ruang baru kemudian masukkan kedalam kulkas.

Selamat mencoba teman-teman, 
Semoga bermanfaat 😊✌

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Gula-Gula Pindahan, ya

Bismillah, Rumah Gula-Gula pindah ya ke https://rumahgulagula.wordpress.com Tema mungkin akan sama dengan versi tulisan di Blogspot ini...